Kamis, 11 Februari 2016

Androgini Model

Androgini Model

Setelah artikel yang sudah saya publikasikan sebelumnya yaitu artikel yang berbicara tentang Super Model Indonesia Pertama yang memiliki tampilan androgini dan sukses diterima para pelaku diindustri Fesyen tanah air saya tertarik untuk mengulas lebih dalam tentang Androgini Model.






Secara garis besar Model adalah profesi, hobi, passion, mimpi atau cita-cita yang menuntut setiap individu untuk bisa mencapai titik kesempurnaan, baik raga, tubuh, wajah, skill, dan mental untuk memeragakan busana di catewalk maupun berbicara lewat pose mereka didepan kamera.

Sedang Androgini berasal dari 2 kata bahasa Yunani yaitu Aner yang berarti laki-laki dan gune yang berarti perempuan yang dapat merujuk kepada salah satu dari dua konsep terkait tentang gender yang berarti pencampuran dari ciri-ciri maskulin dan feminin, karena saat ini kita sedang mangulas tentang model maka dalam konteks ini adalah fesyen atau penampilan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Androgyni Model adalah model yang bisa menunjukan pembagian peran yang sama dalam karakter maskulin dan feminin pada saat yang bersamaan atau bisa dibilang jenis model yang mengaburkan gender tetapi dengan tuntutan kesempurnaan style yang sama akan kedua perbedaan style tersebut.
Mereka harus bisa secara utuh membawakan style pria secara maskulin dan membawakan gaun wanita dengan menonjolkan sisi kefemininnya.





Semakin maju perkembangan zaman semakin banyak pula model-model yang mulai keluar dari pakem-pakem model biasanya untuk membangun karakter sebagai ciri tersendiri dari model tersebut, saat ini model-model tidak hanya memiliki wajah tampan dan cantik dengan style mutlak sebagai pribadi pria dan wanita saja saat mereka berlenggak di atas catewalk, kini muncul beberapa nama model didunia yang memiliki style androgyni dan Indonesia adalah salah satunya, berbanggalah Indonesia karena kita memiliki Model Androgyni pertama Mr. Darell Ferhostan.

Ya jumlahnya memang sangat terbatas bila dibandingkan dengan model pria dan model wanita biasanya karena tak banyak wanita yang memiliki garis wajah dan lekuk badan seperti pria begitupun sebaliknya, tetapi meskipun begitu kekuatan dan karakter dari androgini bisa menjadi strong point di industri fesyen khususnya modeling seperti saat ini, karena karakter salah satu faktor yang bisa membuat Model itu dikenal dan bertahan di industri fesyen.





Yang harus digaris bawahi disini adalah Androgyni berbeda dengan Transgender dimana para individu transgender memang merubah secara penuh garis gender mereka dengan melakukan operasi. Sedangkan Androgyni hanya sebuah style bawaan atau bisa dibilang hanya memerankan karakter yang dibangunnya sedari awal sebagai tuntutan kerjanya sebagai model, dan biasanya model yang bergaya androgyni mempunyai style yang lebih normal dikeseharian.

Mungkin setelah munculnya Nama Darell Ferhistan diIndonesia telah bisa menjelaskan bahwa Androgyni berbeda dengan Transgender karena mereka dengan style androgyni tidak pernah merubah kodrat apapun tidak seperti transgender yang jelas-jelas merubah identitasnya sebagai laki-laki ataupun wanita dengan cara operasi.

Karena Darell sendiri pernah menjelaskan pada sebuah acara Talkshow Bukan 4 Mata, Trans7 chanel bahwa Androgyni hanya memainkan peran saja sebagai tuntutan pekerjaan sebagai model profesional yang dipilih mereka.





Bukan hal yang mudah untuk model androgyni mengenakan dan memerankan 2 karakter yang berbeda laki-laki dan perempuan. Mereka harus tau cara berjalan, raut wajah, kontak mata, gaya pose, dan jiwa sesuai dengan karakter yang mereka harus bawakan baik dengan outfit wanita ataupun outfit pria, berbeda dengan model pria atau model wanita biasanya yang hanya dituntut akan apa yang memang menjadi style mereka.
Bisa dibilang kerja model androgyni 2 kali lebih berat dibanding dengan model biasanya.

Mungkin bagi sebagaian orang ada yang berpandangan itu adalah art atau mungkin juga sebuah anugrah dan bakat yang tuhan berikan kepada mereka, karena menjadi androgyni tidak pernah kita bisa dapatkan disekolah modelling sekali pun, itu adalah bakat dan karakter yang terbangun karena salah satunya mungkin genetik karena itu berhubungan juga dengan posture tubuh tidak banyak orang yang mendapat anugrah tersebut.





Seiring dengan perkembangan zaman pula pola pemikiran manusia lebih dinamis informasi yang bisa didapat pun tidak hanya dari satu sumber saja, saat ini mungkin masyarakat diIndonesia lebih menerima keberadaan setiap individu yang bergaya androgyni berkat kemajuan informasi.

Berikut ini adalah nama-nama profesional model yang sukses berkarir dengan style androgini diseluruh dunia seperti Ruby Rose(Australia), jackson Rado, casey Legler, David Chiang, Stav Strashko, Justus Eisfeld, Harmouny Boucher, Tamy Glauser, Jana Knauer, Andrej Pejic (Australia), Elliot Saillors, Beck Holaday, Bradley Soileau, Jake Cooper, Erika Linder, AzMarie Luvingston, Jack Paulo, dan tentunya Darell Ferhostan, Indonesia.





Apabila ada orang yang menyinggung tentang SARA itu sangat bisa dimaklumi, dan setiap orang mempunyai hak untuk memberikan pandangannya masing-masing. karena mungkin ada pakem-pakem hukum agama pada setiap agama dimuka bumi. Untuk soal ini saya tidak bisa mengulas lebih karena saya sendiri bukan ahlinya. Jadi mungkin bisa digalih atau dicari lebih jauh masing-masing atau bisa ditanyakan langsung kepada seorang yang memang berkompeten menjawab tentang ini.





Source,
Google.co.id

Tidak ada komentar: